Panduan Reviewer

Semua makalah yang dikirimkan ke CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen menjalani proses peer-review tersamar ganda untuk memastikan bahwa makalah tersebut tidak hanya sesuai dengan ruang lingkup jurnal tetapi juga memiliki kualitas akademik dan kebaruan yang cukup untuk menarik pembaca kami. Sebagai peninjau, Anda akan diminta untuk menjunjung tinggi standar ini.

Panduan ini akan membantu Anda memahami tanggung jawab Anda sebagai peninjau, serta kewajiban etis Anda terhadap jurnal dan penulis. Anda juga akan diperkenalkan dengan apa yang harus Anda cari dalam sebuah manuskrip sehingga ulasan Anda akan konsisten dengan yang diminta oleh jurnal. Hal ini sangat penting karena semua artikel yang dikirimkan ke CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen harus dievaluasi di lapangan yang sama.

Tanggung Jawab

1. Bertanggung jawab untuk membaca naskah dan mengevaluasi kesesuaiannya untuk diterbitkan di CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen beserta kualitas ilmiahnya.

2. Reviewer diharapkan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif, tidak memihak, tidak ambigu, dan jujur ​​kepada penulis, untuk mendorong mereka memperbaiki naskah mereka.

3. Reviewer tidak boleh merendahkan atau mencegah penulis untuk mengirimkan kembali ke jurnal ini atau jurnal lain.

4. Ulasan harus kritis tetapi tidak merusak komunikasi ilmiah yang akurat.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menyetujui untuk meninjau naskah

Sebelum Anda setuju untuk meninjau sebuah naskah, Anda harus yakin bahwa Anda memiliki keahlian dan waktu yang diperlukan untuk memberikan evaluasi kritis terhadap artikel tersebut. Anda harus memastikan bahwa:

Artikel tersebut sesuai dengan keahlian Anda. Masuk ke akun CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen Anda dan baca abstrak naskah untuk menentukan apakah bidang keahlian Anda sesuai dengan naskah.

Anda berdua dapat menyelesaikan tinjauan tepat waktu dan mendedikasikan waktu yang tepat untuk melakukan tinjauan menyeluruh. Sebuah tinjauan harus diselesaikan dalam waktu tiga minggu. Jika Anda merasa tidak dapat menyelesaikan tinjauan dalam jangka waktu ini, beri tahu editor. Jika memungkinkan, harap sarankan juga pengulas alternatif. Jika Anda setuju untuk meninjau sebuah manuskrip, tetapi kemudian menemukan diri Anda tidak dapat menyelesaikannya tepat waktu, silakan hubungi editor sesegera mungkin.

Anda tidak memiliki konflik kepentingan. Tentukan apakah ada konflik kepentingan yang dapat mempengaruhi ketidakberpihakan Anda dalam mengevaluasi naskah. Jika ada, Anda harus menghubungi editor dan segera mengundurkan diri. Jika Anda tidak dapat mendeteksi konflik apa pun sebelum menyetujui permintaan peninjauan, tetapi menemukannya selama peninjauan, cukup hubungi editor dan jelaskan mengapa Anda tidak dapat melanjutkan.

Etika pengulas

CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen mengandalkan ketidakberpihakan dan kebijaksanaan para reviewer, dan sebagai reviewer, Anda telah mempercayakan materi rahasia yang dimaksudkan semata-mata untuk evaluasi kritis. Karena itu, kami mengharapkan Anda untuk memperlakukan semua dokumen dan korespondensi yang terkait dengan tinjauan dengan tingkat kehati-hatian yang sesuai. Jangan menggunakan informasi apa pun di dalamnya untuk kemajuan penelitian Anda atau untuk mendiskreditkan pihak lain. Jangan mendiskusikan aspek apa pun dari naskah dengan pihak ketiga. Pastikan bahwa informasi di dalamnya dan rincian proses peninjauan tetap rahasia sebelum, selama, dan setelah publikasi. Pertahankan integritas proses tinjauan double-blind. Dalam keadaan apa pun, jangan menghubungi penulis mana pun untuk mendiskusikan manuskrip mereka. Bersikaplah adil, jujur, dan objektif dalam mengevaluasi naskah Anda. Nyatakan konflik kepentingan, dan segera mundur jika Anda yakin ketidakberpihakan Anda telah dikompromikan.

Pertimbangan etis

Selain kriteria di atas, perhatikan juga apakah naskah mengandung contoh plagiarisme, referensi yang tidak tepat, publikasi ulang, atau penipuan. Hal-hal yang harus dicari:

Plagiat. Amati apakah sebagian naskah telah disalin dari karya lain tanpa memberikan kredit yang sesuai. Misalnya, teks telah disalin kata demi kata tanpa indikasi yang jelas bahwa itu adalah kutipan, teks telah disalin tetapi tidak dikutip (menunjukkan bahwa ini adalah kata-kata/gagasan penulis sendiri), atau sebagian teks telah disalin tanpa izin dari penulis aslinya. Jika Anda menemukan bahwa sebagian besar naskah telah dijiplak, harap hubungi editor sesegera mungkin sehingga kami dapat mengambil tindakan yang sesuai.

Referensi yang hilang, salah, atau tidak lengkap. Semua teks, gambar, tabel, data, ide, atau konsep yang telah diterbitkan sebelumnya harus dikutip. Hal ini dianggap plagiarisme bagi seorang penulis untuk menyajikan sesuatu sebagai milik mereka sendiri meskipun tidak, terlepas dari niat mereka.

Publikasi ulang. Hal ini bertentangan dengan kebijakan CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen untuk menerbitkan karya yang sudah pernah diterbitkan di tempat lain. Harap beri tahu editor jika Anda menemukan contoh manuskrip yang telah diterbitkan sebelumnya (sebagian atau seluruhnya).

Tipuan. Setiap bagian dari naskah yang ditemukan tidak benar harus disorot seperti itu. Segala bentuk manipulasi atau gangguan data harus menjadi perhatian editor.

Etika publikasi tidak terbatas pada empat hal ini. Jika Anda yakin penulis telah berusaha menyesatkan pembaca, melanggar hak cipta atau paten, atau mungkin membahayakan integritas jurnal dengan cara lain, silakan hubungi editor yang menangani.

The CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen form review

Setelah Anda mengumpulkan informasi yang cukup untuk membuat keputusan tentang manuskrip, masuk ke akun CURRERE: Jurnal Kurikulum Pendidikan Kristen Anda untuk menyelesaikan peninjauan. Minimal, Anda akan diminta untuk menilai naskah berdasarkan kriteria yang disebutkan di atas, serta untuk meringkas temuan utama Anda dan memberikan kesan keseluruhan artikel Anda. Meskipun ini hanya opsional, kami sangat menganjurkan Anda untuk juga mengambil kesempatan untuk mengomentari naskah secara lebih rinci, dan memberikan saran spesifik yang dapat meningkatkan aspek apa pun darinya.

Jika Anda telah membuat komentar tertentu dalam file manuskrip, ingatlah untuk menganonimkannya agar penulis tidak dapat mengidentifikasi Anda.

Membuat komentar yang baik

Penting untuk memastikan bahwa semua komentar bersifat konstruktif dan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas naskah atau membantu penulis memahami di mana kesalahan mereka. Harap pertimbangkan kembali untuk membuat komentar yang tidak termasuk dalam lingkup ini. Jangan mengomentari penerimaan naskah, dan hindari menyarankan revisi sebagai syarat untuk diterima. Berikan komentar yang mendetail dan tidak ambigu. Bersikaplah hormat dan positif. Tujuan Anda seharusnya membantu penulis meningkatkan artikel mereka, dengan memberikan kritik yang membangun dan saran yang bermanfaat. (Pertimbangkan bagaimana Anda ingin naskah Anda ditinjau ulang.) Soroti area yang perlu diklarifikasi atau harus dijabarkan lebih lanjut oleh penulis. Berikan saran tentang bagaimana penulis dapat memperbaiki bagian-bagian yang bermasalah. Bagaimana mereka dapat meningkatkan kejelasan bagian tertentu? Anda tidak diharuskan untuk mengedit gaya atau tata bahasa penulis, tetapi setiap perbaikan pada kejelasan naskah sangat dihargai, terutama dalam hal istilah teknis. Soroti contoh konsisten dari terminologi teknis yang ketinggalan zaman atau salah eja. Hindari membuat pernyataan dogmatis. Anda harus dapat mendukung komentar Anda dengan bukti atau prioritas dalam literatur sebelumnya. Berhati-hatilah untuk tidak mengabaikan naskah, baik dalam hal kebaruan, metodologi, atau temuannya.

Rekomendasi

Masalah Besar dan Kecil

Untuk membuat naskah lebih diproses, reviewer perlu memperhatikan masalah besar dan masalah kecil. Mengenai isu-isu utama, fokus reviewer adalah pada apa yang penting untuk penelitian saat ini, bukan langkah penelitian selanjutnya. Masukkan ini ke dalam daftar dan sespesifik mungkin.

Kemudian reviewer juga perlu memperhatikan hal-hal tambahan untuk mengembangkan teks. Ini diklasifikasikan ke dalam masalah kecil dan tidak mempengaruhi kesimpulan akhir dari naskah.

Poin Tambahan

Selain itu, reviewer dapat menambahkan komentar untuk editor dan ini dirahasiakan dari penulis. Komentar dapat berisi kekhawatiran tentang teks yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut oleh editor, seperti tentang etika menulis. Reviewer hanya mengungkapkan keprihatinan tentang teks tetapi tidak membuat komentar rahasia ini sebagai kesimpulan dari semua kritik. Selain itu, beri tahu editor jika Anda masih ingin melihat artikel edisi revisi.

Loading...